Kamis, 30 Mei 2013

7 bayi komodo bernama Indonesia


Kebun Binatang Praha ngga mau kalah dengan Kebun Binatang Surabaya yang udah sukses menangkarkan komodo, salah satu reptile terbesar yang hampir punah. Komodo komodo dari Indonesia di Kebun Binatang Praha berhasil menghasilkan 7 ekor bayi komodoyang kemudian diberi nama-nama Indonesia.
Upacara pemberian nama bayi-bayi komodo tersebut dilakukan di Paviliun Kura-Kura Kebun Binatang Praha dan disaksikan oleh ratusan pengunjung.
Tujuh ekor bayi komodo terdiri dari 3 ekor jantan & 4 ekor betina. Bayi bayi komodo jantan diberi nama Abang, Putra dan Raka. Sedangkan bayi bayi komodo betina diberi nama Ayu, Gadis, Galuh dan Nona. Tujuan pemberian nama sapaan untuk cowo dan cewe dari berbagai daerah di Indonesia itu diharapkan dapat menjadi simbol persahabatan antara Indonesia dan Ceko.
Orangtua komodo-komodo itu adalah hadiah Presiden Megawati Sukarnoputri pada tahun 2004. Tiga tahun kemudian (2007) sepasang komodo tersebut menghasilkan tiga ekor bayi komodo dan di penghujung tahun 2009 melahirkan lagi tujuh anak.
Untuk keperluan pemberian nama ini, sebelumnya pihak manajemen Kebun Binatang Praha secara khusus melakukan konsultasi dengan KBRI mengenai nama-nama yang tepat untuk bayi-bayi komodo itu. Dan dari beberapa alternatif yang diberikan, mereka memilih tujuh nama tersebut. Nama-nama itu mengingatkan asal-usul komodo tersebut. Pemilihan nama yang sederhana namun bermakna itu juga mudah diingat oleh anak anak kecil dan warga Ceko
Kebun Binatang Praha memecahkan rekor di Eropa daratan karena satu-satunya Kebun Binatang yang mampu mengembangbiakkan komodo dari Indonesia.
Petr Velensky, ahli reptil yang bekerja di Kebun Binatang Praha, berhasil menerapkan metode baru untuk pengembangbiakan komodo, di mana binatang itu dapat hidup seperti di habitat asalnya, Indonesia.
Oleh karena itu di Kebun Binatang Praha terdapat Paviliun Indonesia dengan suasana sangat tropis dan dihuni oleh berbagai binatang dari daerah tropis. Saat ini di seluruh Eropa terdapat 42 ekor komodo yang hidup di 12 Kebun Binatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar