Kamis, 30 Mei 2013

Komodo menghilang..!


Sejak awal bulan Maret 2011,  Kebun Binatang Surabaya kehilangan tiga ekor satwa langka yaitu komodo. Komodo yang dipelihara KBS diketahui telah hilang sejak tanggal 1 Maret 2011. Saat itu komodo yang hilang hanya satu ekor. Kemudian pada tanggal 5 Maret 2011, kebun binatang Surabaya kehilangan 2 ekor komodo lagi. Jadi total kehilangan adalah 3 ekor komodo. Pihak Kebun Binatang sudah melaporkan kejadian ini ke polisi setempat. Diduga hilangnya 3 ekor komodo ini bisa jadi karena dicuri orang, dimangsa predator lain atau lepas dari kandangnya.
Total komodo yang dimiliki kebun Binatang Surabaya sebelum kehilangan adalah 56 ekor komodo. Pihak Kebun Binatang masih menunggu hasil pemeriksaan dari polisi.
Komodo termasuk hewan yang dilindungi dan sudah sangat langka, jadi tidak bisa ditafsirkan berapa kerugian yang ditanggung pihak kebun binatang. Dikatakan komodo komodo ini hilang setelah dipindahkan ke sangkar baru awal tahun ini.
Kebun Binatang Surabaya telah berhasil menetaskan dan menangkarkan 21 ekor komodo. Setelah berumur 10 bulan, puluhan reptil langka itu langsung dilepas di sangkar peragaan Kebun Binatang Surabaya.
Puluhan anakan komodo tersebut lebih dari separuhnya berkelamin jantan. Anak anak komodo ini didapat dari hasil mengawinkan komodo liar dan komodo peranakan Kebun Binatang Surabaya. Usaha mengawinkan komodo ini menghasilkan telur pada tanggal 29 Juli 2009 yang menetas di luar kandang pada bulan Maret 2010.
Setelah menetas, anakan komodo ditangkarkan di kotak perawatan berukuran 2 meter x 1 meter selama tiga bulan dan diberi makanan berupa daging cincang halus yang dicampur dengan kuning telur. Setelah umur 3 bulan, puluhan anak komodo di kebun binatang Surabaya itu dipelihara di kotak penjemuran berukuran 2 meter x 5 meter. Pada usia ini, anakan komodo diberi makan tikus putih kecil atau mencit. Dan setelah genap berusia 10 bulan, anak anak komodo itu baru dilepas di sangkar peragaan yang berukuran lebih luas, yaitu 15 meter x 20 meter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar