Minggu, 02 Juni 2013

Mexican Burrowing Toad



Mexican Burrowing Toad atau Rhinophrynus dorsalis adalah amfibi berbeda yang paling evolusioner di seluruh dunia. Mexican Burrowing Toad adalah satu satunya anggota dari genusnya, dan juga satu satunya dari seluruh familinya yang terpisah dari kerabat terdekatnya dalam evolusi independen selama 190 juta tahun. Dan ini berarti bahwa terakhir kali Mexican Burrowing Toad ‘menyimpang’ dari family katak modern yang lain adalah saat berawalnya periode Jurassic.
Nama Mexican Burrowing Toad diberikan pada katak ini karena kebiasaannya yang memang hampir selalu menghabiskan waktunya mengubur diri di liang bawah tanah. Mexican Burrowing Toad selalu berada di liangnya saat musim dingin & musim kering. Mexican Burrowing Toad jarang sekali terlihat di permukaan selama musim ini kecuali saat hujan deras turun yang memaksa Mexican Burrowing Toad keluar dari liangnya ata saat Mexican Burrowing Toad ingin kawin.
Mexican Burrowing Toad bisa kawin kapan saja sepanjang tahun. Mexican Burrowing Toad  meletakkan telur telurnya di air yang ada di atas tanah. Mexican Burrowing Toad selalu mengeluarkan suara panggilan yang sangat keras yang berguna untuk menarik pasangan atau sebagai tanda bahaya. Saat merasa terancam Mexican Burrowing Toad juga akan menggembungkan tubuhnya hingga seperti balon.
Populasi Mexican Burrowing Toad sat ini masih stabil. Walaupun kebanyakan hewan berbeda yang melalui evolusi adalah hewan yang langka & hampir punah, tapi Mexican Burrowing Toad sangat mudah ditemukan di daerah sebarannya yaitu di Mexico dan  Amerika Tengah. Dan sebelum Mexican Burrowing Toad punah jutaan tahun yang lalu, anggota lain dari famili yang sudah punah ini menyebar di seluruh Amerika Utara.
Sampai saat ini, menurut IUCN (International Union for Conservation of Nature and Natural Resources atau Serikat Konservasi dan Sumber Daya Alam Internasional) Mexican Burrowing Toad dinyatakan tidak terlalu menghadapi ancaman yang berarti untuk kelangsungan populasinya. Mexican Burrowing Toad dilindungi oleh undang undang di Mexico dan hidup di daerah daerah lain yang juga memiliki undang undang yang sama.


 

 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar