Sabtu, 18 Mei 2013

Penyakit-Penyakit Landak Mini

Penyakit-penyakit umum yang biasa menyerang landak mini adalah :

- Jamur, ini adalah penyakit umum yang disebabkan oleh kondisi lingkungan yang kurang bersih, jamur pada landak mini umumnya menyerang bagian kulit, muka, dan telinga. Bahkan pada telinga bisa menyebabkan lendir yang keluar dari telinga.

- Kutu, ini juga ditimbulkan karena lingkungan yang kuran bersih, bahkan kutu senang berpindah-pindah tempat dari landak yang satu ke landak yang lainnya. Jadi hati-hati kalau anda memelihara beberapa ekor landak mini.

- Obesitas, penyakit ini disebabkan karena landak mini terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak dan gula yang tinggi. Bahkan obesitas dapat menyebabkan penyakit hati berlemak yang sangat berbahaya untuk landak mini.

- Influenza, lagi-lagi penyakit ini disebabkan oleh lingkungan yang kurang bersih terutama pada serbuk kayu yang digunakan, oleh karena itu, jangan memilih serbuk kayu yang terlalu halus kandungannya untuk landak mini.

- Scabbies, ternyata landak mini juga bisa terserang scabbies yang biasanya menyerang kucing / anjing, ini disebabkan karena interaksi dengan binatang lain yang kotor seperti tikus, kucing kampung, dll.

 Adapun penyakit yang berbahaya yang dapat menyerang landak mini adalah :
- Kanker, seperti pada manusia landak mini juga tak jarang terserang kanker, juga sering menimbulkan tumor pada tubuh landak mini.
- Hati berlemak, ini penyakit yang sangat berbahaya bagi landak mini, disebabkan karena makanan yang tidak diatur dengan baik, dan terlalu sering mengkonsumsi makanan berlemak tinggi.
Hal terbaik yang dapat kita lakukan setelah mengetahui penyakit-penyakit diatas adalah melakukan pencegahan lebih baik daripada mengobati, berikut cara pencegahan penyakit landak mini :

  • Angkat kotoran pada serbuk setiap hari dan ganti seluruh serbuk setiap 5 hari sekali.
  • 1 bulan sekali cuci bersih kandang landak mini dengan antiseptik.
  • 2 minggu sekali mandikan landak mini dengan antiseptik.
  • Bersihkan kuku, telinga, dan anggota tubuh landak mini yang rentan kotor.
  • Hindari landak mini diganggu oleh binatang lain seperti kucing, tikus, cicak, dll.
  • Sering menjemur landak mini di pagi hari.

Namun, apabila landak mini anda telah terserang penyakit-penyakit tersebut, anda dapat mengobatinya dengan cara-cara Pengobatan penyakit landak mini dapat  dilakukan sesuai dengan penyakitnya :

- Jamur & kutu : biasa diobati dengan cara memandikan landak mini dengan sabun antiseptik, dan menjemur landak mini di bawah matahari pagi.
- Obesitas : dapat dinormalkan kembali dengan cara mengubah makanan landak mini, mungkin landak mini anda selama ini makan makanan yang mengandung banyak protein, lalu mengurangi porsi makannya, juga dapat dinormalkan dengan cara memperluas kandangnya sehingga landak mini dapat bergerak dengan bebas.
- Influenza : dapat disembuhkan dengan memberikan obat flu sesuai dengan dosis untuk landak mini dan menjemur landak mini.
- Scabbies : satu-satunya cara untuk mengobatinya adalah dengan disuntik (biasanya dibawa ke dokter hewan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar