Sabtu, 18 Mei 2013

MEMILIH LANDAK MINI SEHAT DAN BERKWALITAS

Berikut adalah tips/panduan anda dalam memilih landak mini yang sehat dan berkwalitas sebagai calon binatang peliharaan yang akan anda adopsi/beli. antara lain: 

- Mata terkondisi baik, bulat, bercahaya, terbuka lebar dan bersinar tanpa cairan serta tidak memiliki  semacam lapisan putih pucat di bagian tengah (seperti ini sering disebut dengan katarak)
- Hidung bersih dan lembab (layaknya hidung sapi) dan tidak meler atau tidak kering kusam
- Moncong bersih, tidak ada bintik-bintik putih yang berkeliaran di area moncong (ini petunjuk awal apakah landak tersebut berkutu/tidak, disamping juga perlu mengecek kulit di bagian pangkal bawah duri)
- Aktif dan lincah, suka langsung mengendus si  obyek  pemegang (tidak menggulung terlalu lama atau bahkan menegakkan durinya sambil meng-klik)
- Telinga pendek, bersih tanpa ada kotoran atau lapisan keras dibelakangnya, tidak ada cairan hijau yang keluar/meler dari bagian lubang telinga.  Seringkali terdapat  kejadian telinga dikunyah oleh anak/temannya. Selama telinganya telah sembuh maka ini tidak perlu anda khawatirkan. 
- Duri, tidak mengalami kebotakan/rontok akibat penyakit/kutu/jamur/kelembapan kandang yang terlalu basah dalam intensitas waktu lama
- Bulu rambut pada perutnya halus dan tidak kusut, tidak ada kotoran yg menempel ataupun kerak
- PUP: padat, tidak diare/cair kehijauan
- Badan padat sehat (bukan lemak, bukan obesitas), asalkan ketika dia diletakkan diatas meja badannya bisa berjalan tegak it’s no problem!!!, tapi apabila berjalannya terhuyung-huyung, atau kesulitan tegak segera cari pilihan landak mini lain.
- Kaki tidak ada yang cacat/patah/lumpuh, jari – jari semua utuh dan antar batang jari benar-benar terpisah (tidak menempel / “ganjet”)
- Berat landak dewasa: 250-700gram

TAMBAHAN:
  • awali memelihara landak mini dengan mental sebagai pecinta binatang, sehingga perlakuan dan kasih sayang anda terhadap landak mini akan menuntun anda untuk menjadi adopter/pecinta landak mini yang sukses dan berhasil, yang selanjutnya merupakan pilihan anda untuk berlanjut menjadi peternak yang mampu menjual landak mini berkwlitas atau sekedar memelihara saja (kepentingan hoby). 
  • pastikan anda mendapatkan info sejelas-jelasnya mengenai DOB (date of birth) dari landak yang akan anda beli
  • pastikan anda mendapatkan info mengenai bloodline/galur/jenis indukan dari landak yang akan anda beli
  • bila landak yang akan anda beli merupakan landak dengan usia indukan, pastikan anda mendapatkan jaminan/kepastian bahwa landak yang anda beli merupakan landak yang sehat dan produktif. hal ini salah satu hal terpenting bagi anda yang tertarik untuk langsung memelihara landak indukan (pertimbangan proses pengembangbiakkan akan lebih cepat dibanding landak anakan yang masi memerlukan pembesaran terlebih dahulu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar