Kamis, 30 Mei 2013

Kura kura ganti kulit nggak?

Kura kura ganti kulit nggak?

Kura kura adalah sejenis reptil dan semua jenis reptil pasti akan sering melakukan proses penggantian kulitnya. Mungkin pecinta reptile sudah sering melihat ular atau kadal yang berganti kulit. Pada kadal atau ular, pergantian kulit terlihat mudah karena semua bagian tubuh kedua jenis hewan tersebut tertutup kulit yang pada semua bagiannya akan ditanggalkan dan diganti dengan kulit baru. Tapi gimana dengan kura kura? Pergantian kulit juga terjadi pada kura kura kok. Selain kulit di bagian kaki kaki, leher atau wajah, kura kura juga melakukan pergantian ‘kulit’ di bagian karapas atau tempurungnya. Cara kura kura berganti karapas tidak seperti keong yang akan keluar dari cangkangnya dan mencari cangkang baru yang lebih besar. Kura kura berganti karapas dengan cara mengelupaskan ‘scute’ atau sisik sisik besar di tempurungnya yang lebih menyerupai ‘tameng’nya.
Karapas kura kura berbetuk seperti ruas ruas dan ruas ruas itulah yang disebut dengan scute atau tameng. Scute scute tersebut akan mengelupas satu persatu hingga pada akhirnya semua scute pada karapas kura kura akan mengelupas. Kura kura akan melakukan pergantian scute ini secara rutin tiap tahunnya tapi tidak sesering mereka ganti kulit. Kura kura yang sehat sudah pasti akan mengalami pengelupasan scute, jadi jika kura kura peliharaan anda tidak mengalami pengelupasan scute, cobalah untuk lebih memperhatikan habitat dan makanannya. Scute yang mengelupas biasanya berbentuk tipis dengan warna seperti kuku. Scute yang sudah siap terlepas bentuknya kecil dan tipis seperti gambar di bawah ini. Dan ini adalah tipe pengelupasan scute yang normal.

Jangan pernah membantu kura kura untuk mengelupaskan scutenya. Akan lebih baik biarkan scute itu terlepas dengan sendirinya tanpa bantuan kita. Selain berbentuk tipis, ada juga scute tebal yang mengelupas. Contohnya bisa dilihat di gambar di bawah ini. Biasanya ini terjadi karena kura kura memiliki kesulitan dalam pengelupasan scute lamanya dan lama kelamaan akan menumpuk menjadi satu. Jadi bisa dikatakan hal yang tidak wajar jika pengelupasan scute kura kura berbentuk tebal. Tapi masih lebih baik dari pada ngga ngelupas sama sekali.

Cara mencegah penumpukan scute ini sebenarnya tidak terlalu sulit, tapi harus dilakukan dengan telaten. Caranya adalah dengan menyediakan makanan yang baik untuk kura kura anda dan jemur di bawah sinar matahari pagi secara teratur. Makanan yang baik yang akan sangat membantu kura kura mempermudah melepaskan scute lamanya adalah sayuran. Tapi jangan berikan bayam. Selain sayuran segar, berikan juga tulang sotong yang bisa dibeli di pasar burung & buah buahan yang banyak mengandung vitamin E. Berjemur di bawah sinar matahari terutama di pagi hari akan sangat membantu, jadi harus dilakukan sesering mungkin.
Warna karapas kura kura akan menjadi lebih cerah setelah mengalami pengelupasan scute. Tipe scute yang tebal, walaupun tidak umum, akan lebih memperlihatkan perubahan warna karapas kura kura yang baru. Di bawah ini adalah gambar kura kura setelah mengalami pengelupasan scute yang tebal. Sangat jelas terlihat warna karapas lama yg cenderung kecoklatan dan bedanya dengan karapas baru yang berwarna lebih muda dan agak kehijauan dengan pola yg lebih jelas. Pada kura kura yang selalu mengelupaskan scute scute tipis, perubahan warna karapasnya tidak akan terlihat begitu jelas.

10 komentar:

  1. Okee mkasih infonya..
    Akhir2 ini lg kawatir sm kura2 temen yang suka mengelupas

    BalasHapus
  2. Thank you infonya mba, kura2 saya scute tebalnya mengelupas huhu kirain kenapa

    BalasHapus
  3. Maaf saya mau tanya kenapa kura2 darat jenis sulkata dari kaki sampai leher kulit nya ngelupas terus sampai sekarang ga doyan makan. Obat nya apa yah...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tdi gak baca sampai full ya?? Kan tadi katanya memang wajar seperti itu

      Hapus
    2. Tdi gak baca sampai full ya?? Kan tadi katanya memang wajar seperti itu

      Hapus
  4. Klo atas nya yang ngelupas sama aja kan???

    BalasHapus
  5. Klo yang ngelupas atas cangkang nya gk apa apa kan??soalnya kura kura saya masih kecil,saya takut kenapa napa

    BalasHapus
  6. Klo atas nya yang ngelupas sama aja kan???

    BalasHapus
  7. Ukuran baby diameter 4-5 cm udah mulai mengelupas di bagian lehernya itu normal atau itu kena penyakit.. Maaf soalnya baru Keep kurakura...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kak bingung jg saya, ini masih baby tp sdh mengelupas

      Hapus