Kamis, 30 Mei 2013

Menu makanan untuk Kura kura

Menu makanan untuk Kura kura

Kura kura yang kekurangan gizi bisa teserang berbagai macam penyakit, begitu juga kalau kura kura terlalu banyak mengkonsumsi protein. Jika kura kura terlalu banyak mengkonsumsi protein, maka kura kura akan mengalami Pyramiding. Penyakit pyramiding ini mengakibatkan adanya kelainan bentuk tempurung kura kura hingga tempurung kura kura menjadi abnormal. Ciri ciri penyakit ini adalah tempurung kura kura akan terlihat berbonggol atau malah datar. Jika tidak ingin kura kura anda jatuh sakit atau menderita kelainan, perhatikan pola makannya dan perhatikan juga jenis jenis makanan apa saja yang boleh diberikan pada kura kura, takarannya, aturan makannya dan lain sebagainya. Bila diperlukan periksa kotoran kura kura apakah ada cacingnya. Jika terdapat cacing segera berikan obat cacing dengan dosis yang sesuai. Kotoran kura kura yang baik adalah yang berbentuk padat tapi tidak keras.
Untuk makanan yang akan diberikan pada kura kura, sebaiknya jangan berikan sayuran yang sudah tersimpan dalam lemari es lebih dari 2 hari. Selalu berikan sayuran yang segar karena akan lebih lebih bergizi dan baik untuk pertumbuhan kura kura. Jadwalkan pemberian makanan & berikan secara teratur, misalnya makanan di berikan pada pukul 09.00 dan 14.00. Sebelum diberikan, potong potong sayur yang sesuai dengan ukuran mulut kura kura. Jika memerlukan tambahan kalsium,sediakan tulang cumi yang bisa di beli di pasar burung.
Berikut ini jenis jenis makanan yang harus sering diberikan:
  • Kaktus oputia yang sudah diparut kasar.
  • Daun & bunga sepatu yang dipotong halus.
  • Sawi sawian, kalian, wortel, labu air, labu kuning, selada air, kangkung,  zucchini, daun + bunga kenikir, daun kacang, daun pakis & jagung. Jika kura kura sudah dewasa, berikan jagung beserta kulitnya.
Jenis jenis makanan yang diberikan cukup seminggu sekali saja karena mengandung banyak protein yang akan mengakibatkan pyramiding:
  • Lidah buaya, buang duri durinya & potong dadu kecil.
  • Kacang panjang, mentimun, toge, kacang kapri, ercis & buncis.
Jenis makanan yang hanya boleh diebrikan sebulan sekali adalah:
  • Selada gado-gado, karena mengandung terlalu banyak nitrit, akan menyebabkan rawan gangguan pencernaan.
  • Tomat & buah buahan, karena mengandung sdikit serat & terlalu manis.
Jangan pernah memberikan makanan makanan di bawah ini pada kura kuera anda:
  • Kubis/kol, bunga kol, bayam, brokoli, lobak, kecipir, daun singkong  karena tidak dapat dicerna & dapat menyebabkan gangguan pencernaan.
Untuk protein hewani khusus hanya diberikan pada kura kura jenis red foot, Geochelone carbonaria, dengan jatah seminggu sekali dengan takaran cukup satu sendok makan.
Untuk minumnya, bila memelihara kura kura dalam tempat yang kecil, sangat disarankan untuk tidak meletakkan tempat air di dalamnya karena akan menjadikan lingkungan kandang becek dan lembab dan ini bisa mengakibatrkan pertumbuhan jamur. Bila memiliki kura kura besar dalam kandang yang luas anda bisa menyediakan kolam air yang dangkal hingga kura kura bisa minum atau berendam kapan mereka mau.
Kura-kura memiliki mekanisme tubuh untuk menyimpan persediaan air, jadi pemberian minum setiap hari tidak perlu dilakukan, sebaiknya rendam kura dalam bak plastik berisi air dangkal, dengan kedalaman kira-kira setinggi rahang bawah kura kura, rendam kura kura selama kurang lebih 5 menit, dan lakukan 2X seminggu untuk mencegah dehidrasi.
Letak kandang kura kura sebaiknya memiliki akses untuk menerima sinar matahari pagi yang masuk melewati ½ bagian dari lantai kandang, karena kura-kura suka sekali berjemur, pastikan kandang aman dari anjing, kucing atau tikus. Alas kandang yang terbaik adalah semen, karpet tanpa bulu atau karpet karet khusus untuk reptile. Lantai keramik atau lantai yang licin sebaiknya dihindari jika memelihara kura kura yang masih kecil. Jangan pernah gunakan pasir atau serabut kayu untuk hamster.
Kandang untuk sekor kura kura berukuran 10cm minimal berukuran 60 X 40 X 15 cm. Aquarium tidak disarankan untuk memelihara kura kura darat karena aquarium kurang memiliki sirkulasi udara dan rawan kelembaban tinggi. Gunakan alas gelas untuk tempat makanan kura kura hingga makanan tidak bercerceran. Pasang lampu pijar 15 watt pada malam hari, khususnya saat musim hujan untuk mencegah kura kura pilek, sedangkan kura kura kecil yang berukuran dibawah 5 cm wajib disinari lampu selama 24jam dengan catatan jaga jarak lampu agar jangan terlalu dekat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar