Minggu, 19 Mei 2013

Makanan Untuk Landak Mini "HEDGEHOG"

Kebanyakan banyak teman² yang bertanya apa sih makanan Landak Mini itu, makanan landak Mini bervariasi tinggal cara kita kasih makanan yang pas dan sehat buat Landak kesayangan kita..

Di Indonesia belum tersedia makanan khusus landak, anda bisa memberikan makanan anjing / kucing yang berupa makanan kering (pellet). Sesuaikan ukuran butiran dogfood atau catfood dengan hedgehog anda. Makanan variasi (snack) seperti ulat hongkong /ulat jerman, mealworm, jangkrik.

Makanan tambahan sebaiknya tidak diberikan lebih dari 3 atau 4 kali dalam seminggu. Makanan kering (pellet) sebaiknya menjadi makanan utamanya (Sesuaikan kandungan lemak’nya apabila landak menunjukkan tanda2 obesitas). Sementara makanan kering dapat diberikan secara bebas untuk semuanya, Untuk hedgehogs yang kegemukan (obesitas), makanan tambahan sebaiknya hanya diberikan tidak lebih dari 15 menit lalu angkat sisanya.

Jangan memberikan makanan yang merupakan produk susu maupun coklat, karena pencernaan landak itu intoleransi laktosa…alias tidak tahan terhadap laktosa, dijamin langsung keluar PUP mencret, dan sebaiknya tidak menggunakan Pellet untuk makanan ikan karena kebutuhan Gizi dan protein Landak Lebih dari itu.

Sifat
Landak Mini memiliki sifat "nocturnal" atau aktif pada malam hari, sedangkan pada siang hari mereka cenderung menyembunyikan dirinya ditempat-tempat gelap. Karena sifatnya yang suka sembunyi disiang hari, maka pada tempat pemeliharaanya kita bisa menggunakan Pipa Paralon ukuran 4inci atau talang air yang dipotong sepanjang 20cm, kotak sepatu atau strofoam sebagai tempat untuk landak bersembunyi Landak Mini adakalanya melakukan ritual menjilat, ketika landak mini ada di tempat yang baru dengan bau lingkungan yang kuat, dia akan mengigiti media disekitarnya dan membentuk buih dari mulutnya dan merekatkan pada duri-durinya dengan menggunakan lidahnya. Tidak diketahui tujuan dari ritual ini, tetapi beberapa pakar percaya ritual ini digunakan untuk mengkamuflase dirinya dengan area yang baru tersebut.

Apabila Landak Mini digabung dengan binatang peliharaan yang lain, termasuk kucing dan anjing. Ada kemungkinan mereka terancam oleh bintang-binatang ini, namun Landak Mini dapat menggulung diri menjadi bola duri sampai ancaman tersebut hilang. dan Landak Mini cukup bisa membela diri terhadap tikus yang mencoba memakannya, kecuali apabila Landak Mini masih kecil/ bayi.
Landak mini sebaiknya dipelihara disuhu 21 - 27'C, apabila terlalu dingin maka landak mini ini akan masuk dalam proses hibernasi.

Pemberian pakan sebaiknya menggunakan mangkuk yang digunakan untuk pakan anjing/kucing, atau bisa juga menggunakan asbak rokok. sehingga tidak mudah terbalik ketika mereka sedang makan, atau dapat pula dibuat sendiri menggunakan kaca yang dibentuk menjadi kotak dengan ketinggian 5cm.
Selalu sediakan air minum dalam jumlah yang cukup. Landak mini dapat diajar untuk minum dari botol minum yang biasa digunakan untuk hamster. Ini lebih baik dibandingkan pemberian minum dalam mangkuk terbuka, karena biasanya landak mini seringkali mengotori air minumnya tanpa mereka sadari.

Namun teman² banyak bertanya, kok di kasih Pellet ini itu yg di sarankan para Breeder Landak tp landak saya gak mau juga untuk memakannya, Jawabannya sangan mudah yaitu karena Landak anda belum pernah mengenal Pellet yang anda berikan alias belum perenah memakannya.

Caranya Gampang Tips dari saya buat bikin Landak makan apa yg kita mau, misal mau di kasih makan Whiskas tetapi gak mau di makan sama Landaknya, Caranya  2 sendok CatFoodnya kita Halusin/ di Hancurin kayak tepung tapi jangan terlalu halus, nah setelah itu campur dengan Ulat Kandang setengah sendok yang masih hidup atau bisa juga Ulat Hongkong tapi beli Ulat Hongkong yang lebih kecil2, terus taruh di tempat makannya tapi tetap tambahin setengah sendok makan CatFoodnya yang masih utuh di tempatnya, di campur kayak gitu selama 1 minggu : pagi , siang , sore dan malam hingga tanpa di halusin lagi. Di jamin Landak mau makan apa yg kita mau.

2 komentar:

  1. salam kenal bos.

    Ada cemilan alternatif untuk landak mini dan sugar glider anda. Ulet hongkong kering. Selain praktis kandungan nutrisi nya juga sudah mengalami perbaikan.

    info :

    http://ulethongkongkering.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. Mas saya mau nanya dong.. udh pakai metode yg mas bilang.. tp koq yg di makan ulet nya doang yh?? Whiskas saya malah di diemin udh d tumbuk kecil n halus.. 2x saya kasih sore mlm ttp sama..

    BalasHapus