Minggu, 02 Juni 2013

Bismarck Ringed Python



Bothrochilus boa  atau yang biasa disebut dengan Bismarck ringed python adalah genus ular piton monotypic yang sudah pasti tidak berbisa. B. boa, ditemukan di pulau pulau di Kepulauan Bismarck . Hingga sekarang tidak ada subspesies yang diakui. Sebenarnya aneh juga ya, ular yang termasuk jenis python namanya ada embel embel ‘boa’nya.

Bismarck ringed python dewasa bisa tumbuh hingga panjang 152 sampai 183 cm. Pola warna ular ini  terdiri dari serangkaian cincin berwarna orange cerah dan hitam saat masih kecil, tapi warna orange cerah ini akan  memudar menjadi warna tembaga dalam waktu sekitar setahun saat ular ini menjadi ular dewasa. Ular yang sudah dewasa biasanya berwarna tembaga dengan cincin hitam dengan kilauan warna seperti pelangi. Beberapa spesimen Bismarck ringed python mungkin memiliki cincin hitam yang tidak teratur, dengan bentuk yang tidak lengkap atau bahkan tidak ada sama sekali, yang membuat mereka jadi semakin terlihat unik dan cantik.

Ular Bismarck mendiami hutan hujan di daerah terbuka dan sangat menyukai berada di tumpukan tumpukan sekam. Python jenis ini aktif di malam hari. Makanannya yang paling utama adalah tikus. Ular ini  sangat  aktif saat mencari makanan. Di tempat asalnya, ular ini  sering dilaporkan masuk ke rumah dan struktur pertanian untuk mencari mangsanya. Bayi ringed python biasanya memakan tikus yang masih kecil. Ular ini termasuk Oviparous , mereka mengeluarkan telur yang jumlahnya biasanya selusin yang umumnya dierami oleh ular yang betina, walaupun hal ini tidak selalu terjadi. Spesimen ular liar yang masih muda akan sering menggigit atau agresif, tetapi biasanya kebiasaan ini akan hilang seiring dengan seringnya dihandle. Ular liar sangat jarang tertangkap. Tapi spesies ini bisa diternakkan kok. Reptil cantik ini sangat menyukai kelembaban tinggi tetapi tidak toleran terhadap ventilasi yang buruk atau kondisi kandang yang terlalu basah. Ular ringed python yang berasal dari penangkaran biasanya akan sangat suka jika diberikan lumut lembab di kandangnya.

 
 



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar