Jumat, 31 Mei 2013

Serangga Pemangsa Kura kura


Dr. Shin-ya Ohba, ahli serangga dari Jepang secara tidak sengaja menemukan perilaku serangga yang tidak biasa. Kejadian ini bagaikan pembalikan peran predator saat serangga air raksasa menjadi pemangsa dan memakan kura-kura kecil di sebuah kolam di wilayah Hyogo, Jepang tengah. Dikenal juga sebagai Pembunuh Ikan Raksasa, saat malam hari, hewan ini memancing mangsanya dengan kerlipan cahaya di tubuhnya. Oleh sebab itu, kumbang ini juga dikenal sebagai kumbang bercahaya di Amerika.
Kirkaldyia deyrolli, atau serangga air raksasa dari keluarga Lethocerinae ini memang sering kepergok tengah menggerogoti vertebrata kecil seperti katak dan ikan, tapi baru kali ini Ohba bisa merekam gambar serangga itu sedang memakan kura-kura kecil. Dengan menggunakan kaki depannya, kumbang raksasa ini mencengkeram si kura-kura sambil menyuntikkan racunnya ke leher kura kura. Diduga selain memangsa kura kura, serangga ini juga memangsa ular.
K. deyrolli merupakan serangga asli Jepang dan terdaftar dalam Badan Lingkungan Hidup Jepang sebagai spesies terancam punah. Serangga besar ini mendiami sawah sawah di Jepang dan memakan katak kecil dan ikan kecil di dalamnya. Serangga ini dapat tumbuh hingga 15cm panjangnya dan gigitannya termasuk berbisa. Serangga ini dikenal hanya menyerang mangsa yang bergerak. Kadang-kadang kumbang ini sering menggigit kaki manusia khususnya di jari kaki dan hal ini menyebabkan nyeri seperti terbakar yang berlangsung selama berjam jam.  Selain di Jepang, hewan yang nyaris punah ini dapat dijumpai di Amerika Utara dan Selatan serta Asia Timur. Kirkaldyia Deyrolli bisa tumbuh hingga 15 sentimeter panjangnya dan dapat terbang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar