Kamis, 30 Mei 2013

Reptil Laut Alaska


Tim paleontologi dari University of Alaska Museum of the North berhasil menemukan fosil reptil laut purba yang tertanam di bebatuan di wilayah pasang surut perairan Kake, di tenggara Alaska. Berdasarkan hasil identifikasi, reptil laut purba itu merupakan jenis kadal laut atau Thalattosaur yang hidup pada zaman dinosaurus. Fosil itu diperkirakan berumur 220 juta tahun dilihat berdasarkan umur batu dan apa yang para ilmuwan lihat pada gambar yang diambil. Kurator Museum Fairbanks yang melakukan ekskavasi dan menganalisa fosil reptil purba ini bernama Patrick Druckmiller.
Fosil Thalattosaur diketahui merupakan fosil vertebrata terlengkap yang pernah ditemukan. Jim Baichtal, geolog Tongass National Forest menyatakan kalau fosil ini adalah fosil dari spesimen reptil Triassic yang terawetkan paling baik dan paling lengkap sejauh dia terlibat dalam beragam penelitian. Jim Baichtal adalah orang yang pertama kali mengirimkan foto fosil ini ke Fairbanks dan juga terlibat dalam ekskavasi.
Druckmiller mengungkapkan, penelitian terhadap Thalattosaur ini bisa membantu mencari informasi tentang kehidupan reptil purba pada masanya. Fosil ini sangat lengkap dan sekali para ilmuwan mengungkap tulang tulang lainnya, mereka akan bisa membandingkannya dengan Thalattosaur lain dan mengetahui apakah spesimen ini merupakan spesies baru.
Menurut Druckmiller, ada beberapa makhluk yang menyerupai spesimen yang ditemukan. Salah satunya ialahEndennosauru, yang merupakan salah satu dari 10 jenis Thalattosaur yang sudah berhasil diidentifikasikan. Thalattosaur yang besar bisa berukuran hingga 3 meter. Druckmiller mengatakan, spesimen yang ditemukan di Alaska ini kemungkinan hanya berukuran setengahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar