Jumat, 31 Mei 2013

Kura kura Brazil

Untuk merawat Kura-kura Brazil atau yang disebut juga dengan Red-Eared Slider sebenarnya tidak terlalu rumit. Cukup dengan memberikan makanan kura kura Berazil yang sesuai dengan kebutuhan dan kesukaannya dan juga dengan memberikan tempat tinggal yang nyaman untuk kura kura, maka kura kura akan dapat hidup sehat.
Hewan asli Amerika Latin ini memiliki corak warna tempurung antara hijau dan kuning. Seperti kebanyakan kura kura, mereka termasuk hewan pemakan tumbuhan, walau pun kadang mengkonsumsi serangga juga. Tapi untuk yang hidup sebagai binatang peliharaan, biasanya ada makanan tambahan seperti pelet untuk kesehatan si kura-kura.
Makanan kura kura Brazil antara lain :
  1. Kura kura Brazil mengkonsumsi semua jenis sayuran hijau, wortel, dan juga sayuran putih seperti sawi dan lobak. Sayuran yang mengandung kalsium seperti daun murbei sangat baik untuk perkembangan tempurungnya.
  2. Ia juga mau memakan berbagai jenis buah, tapi pemberian buah sebaiknya tidak berlebihan dan terlalu sering sebab kura kura jadi sering buang air besar.
  3. Untuk memelihara hewan, biasanya masyarakat perkotaan memilih pakan yang praktis saja. Itu sebabnya diciptakan pelet khusus untuk kura kura. Namun pemberiannya tidak boleh terus-terusan tanpa diselingi dengan pakan yang lain.
  4. Makanan kura kura Brazil sebaiknya mengandung cukup kalsium untuk pertumbuhan maksimal dari tempurungnya. Pemberian tulang sotong akan membuat kesehatan hewan peliharaan Anda itu maksimal, sebab ia menyukai tulang sotong.
  5. Sebagai hewan yang habitatnya di alam bebas, makanan kura kura Brazil tidak hanya satu jenis saja. Jenis serangga, bahkan cacing dan juga ikan termasuk makanan favorit si kura-kura. Sesekali boleh juga jika Anda memberikan jenis makanan tersebut sebagai selingan.
Perlu dicatat, pemberian makanan untuk kura kura Brazil tidak boleh terlalu sering. Untuk kura kura dewasa, pemberian pakan cukup dilakukan 2 atau 3 kali setiap pekan. Jangan berikan pakan setiap hari sebab ia akan sakit jika kebanyakan makan.
Untuk kura kura yang masih kecil, boleh dilakukan pemberian pakan setiap hari. Biasanya ia akan makan pelet yang khusus untuk kura kura. Berikan sayur dengan porsi kecil sebagai tambahan beserta pelet. Untuk menambah kalsium, taburkan bubuk kalsium pada makanan dan minuman si kura kura. Kalsium dapat diperoleh di apotek.
Jangan lupa untuk memberikan tempat tinggal yang berbentuk daratan, namun juga terdapat genangan air di dalamnya. Sebab habitat kura-kura Brazil tidak sepenuhnya di air. Jangan lupa untuk menyikat tempurung si kura-kura jika mulai kotor dan berlumut dengan sikat gigi bekas. Jangan gunakan sabun sebab sabun dapat merusak tempurungnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar