Minggu, 02 Juni 2013

The Sand Lizard

Sand Lizard Jantan

The Sand Lizard (Lacerta agilis) atau kadal pasir adalah salah satu dari tiga spesies kadal asli Britania (dua spesies yang lainnya adalah Common Lizard dan Slow Worm), dan merupakan kadal yang paling jarang ditemukan. Biasanya kadal ini berukuran 16 hingga 20 cm, dan dibandingkan dengan Common Lizard, mereka memiliki bentuk tubuh yang lebih berisi, dengan kepala besar yang proporsional, moncong yang tumpul & ekor yang pendek.
Kadal pasir juga memiliki warna yang berbeda dengan ‘saudara sepupunya’. Kadal betina memiliki warna coklat pasir atau abu-abu, dan kadal jantan memiliki sisi tubuh berwarna hijau yang sangat intensif selama musim kawin. Warna hijau  ini membuat kadal jantan menjadi satu pemandangan yang mencolok pada bukit pasir Inggris yang berwarna pucat.
Musim kawin biasanya terjadi pada bulan April. Kadal jantan akan menunjukkan kelakuan yang agresif, mencengkeram leher lawannya dan berkelahi dengan cara menggulingkan lawannya berulang ulang.
Tidak seperti kadal lain yang menyimpan telur yang subur dalam tubuhnya hingga hampir tumbuh sepenuhnya, kadal pasir bertelur dan maka dari itu, kadal ini merupakan spesies oviparous. Kadal betina bertelur sebanyak 4 hingga 17 butir di terowongan pasir pada akhir bulan Juni atau awal bulan Juli dan akan menetas setelah 40 hingga 60 hari kemudian.
Sand lizards memakan hewan invertebrata kecil seperti laba laba, belalang, lintah & serangga, tapi juga mau memangsa buah buahan atau bunga. Mereka mengejar makanannya sewaktu siang hari, tapi mereka juga  hewan yang sulit untuk dilihat karena mereka termasuk hewan yang sangat pemalu dan hobinya yang bersembunyi di bawah tanah.
Salah satu tips untuk menemukan jenis kadal ini atau reptil lainnya adalah meletakkan baki besi atau aluminium di daerah hangat. Sebagai hewan ectothermic, kadal akan memakai lempengan ini untuk berjemur dan mengembalikan energinya. Mereka mungkin akan menggunakan lempengan tersebut untuk berlindung dari udara dingin atau saat malam. Sand lizards berhibernasi antara bulan Oktober dan Maret, jadi waktu yang paling tepat untuk melihat mereka adalah saat musim panas.
Seperti namanya, sand lizards lebioh suka berada di daerah yang kering dan berpasir atau habitat tanah yang agak panas.
Sayangnya, karena hilangnya bukit bukit pasir akhir akhir ini, kadal pasir jadi semakin langka di Inggris dan juga jadi hewan yang dilindungi di sana. Tapi populasi kecil dari kadal ini masih ada di daerah daerah seperti Dorset, Hamptonshire Selatan (New Forest), perbatasan Hamptonshire-Surrey Utara dan bukit pasir Lancashire Selatan. Jangkauan mereka jauh lebih luas di sebagian besar Eropa.
National Amphibian and Reptile Recording Scheme (NARRS) baru baru ini mengambil alih program monitoring untuk membantu menaikkan jumlah populasi kadal ini. Populasi sudah dikenalkan kembali oleh program ini di 62 tempat di Inggris, dengan 90 % rasio kesuksesan.

 

 
 



 

1 komentar: