Minggu, 02 Juni 2013

Giant Vinegaroon Si Kalajengking Unik




Giant Vinegaroon adalah spesies whipscorpion yang memiliki pertahanan yang sangat luar biasa. Nama Giant Vinegaroon diberikan karena binatang unik ini mengeluarkan cairan asam untuk menakut nakuti predator atau musuh yang mengganggunya.  Giant Vinegaroons tidak bisa menyengat tapi giant vinegaroon memiliki ekor panjang yang mirip dengan cambuk. Ekor ini tidak digunakan untuk menyengat seperti pada kalajengking.  Orang awam sering mengira kalau giant vinegaroon ini serangga karena mereka terlihat seperti serangga yang memiliki 6 kaki dan sepasang antena. Tapi pada kenyataannya, antena yang terletak di bagian depan adalah kakinya yang panjang dan termodifikasi. Semua jenis whipscorpions tidak berbisa. Mereka aman untuk dipegang, meskipun penanganan pada semua jenis whipscorpion tidak dianjurkan. Giant vinegaroon adalah jenis arakhnida yang terlihat menyeramkan tapi giant vinegaroon jarang terlihat di alam liar karena bersifat nokturnal.
Giant Vinegaroons memiliki bagian mulut yang besar (pedipalpus) yang berbentuk seperti penjepit. Hewan dari ordo uropygi ini memiliki sepasang kaki depan yang panjang dan tipis dan digunakan seperti antena untuk merasakan keadaan di sekitar. Tiga pasang kaki berikutnya digunakan untuk berjalan. Bentuk perut menempel ke daerah thorax-kepala (cephalothorax).  Ekornya panjang dan tipis dan ini menunjukkan darimana nama “whipscorpion” berasal. Giant Vinegaroons memiliki sepasang mata di depan cephalothorax dan tiga pada setiap sisi kepala, dimana pola ini juga ditemukan pada kalajengking. Giant Vinegaroons hampir semua berwarna hitam. Tubuh Giant Vinegaroons dewasa panjangnya berukuran  1 ½ hingga 3 inci. Giant Vinegaroons ditemukan terutama di daerah Texas Barat hingga ke daerah selatan Texas.
Giant Vinegaroons adalah karnivora, makan di malam hari dan memburu terutama serangga, lipan dan terkadang juga cacing dan siput. Giant Vinegaroons juga memakan invertebrata kecil. Mangsa Giant Vinegaroons  dihancurkan di antara gigi khusus pada bagian dalam trochanters (segmen kedua kaki dari kaki depan). Giant Vinegaroons sangat ahli dalam mengendalikan populasi kecoak dan jangkrik liar J.
Pada system reproduksi, Giant Vinegaroons  Jantan mengeluarkan kantung sperma yang ditransfer ke Giant Vinegaroons betina. Telur yang berjumlah hingga 35 butir diletakkan di dalam liang dalam suatu selaput lendir yang melindungi kelembabannya. INduk Giant Vinegaroons tinggal dengan telur dan tidak makan selama dia menjaga telur telurnya itu. Bayi Giant Vinegaroons  yang menetas dari telur akan naik ke punggung induk mereka dan menempel di sana dengan pengisap khusus. Setelah meranggas pertama mereka akan mulai meninggalkan liang, dan sang induk akan meninggal setelah itu. Bayi Giant Vinegaroons tumbuh perlahan lahan dan akan melalui tiga molts dalam waktu sekitar tiga tahun sebelum mencapai usia dewasa. Jangka hidup Giant Vinegaroons bisa sampai empat tahun.
Habitat Giant Vinegaroons adalah di daerah daerah tropis, subtropics dan daerah kering dan panas. Giant Vinegaroons biasanya menggali liang bawah tanah dengan pedipalpus mereka yang mereka gunakan juga untuk mengangkut mangsanya. Giant Vinegaroons juga dapat menggali di bawah kayu, kayu kayu yang membusuk, batu dan puing puing alam lainnya. Giant Vinegaroons sangat menyukai kondisi yang gelap, tempat tempat lembab dan umumnya mereka selalu menghindari cahaya.




 

5 komentar:

  1. Saya menemukan 1 ekor Giant vinegaroon. Memang mirip dgn kalajengking. Tp tidak agresif dn saya ga tau dia jantan / betina
    @ Jaksel....😁🤝

    BalasHapus
  2. Barusan saya tangkap baunya sangat menyengat

    BalasHapus
  3. Saya baru saja menangkapanya memang hewan nya tidak agresif dan baaik hati. Hee... . Dan pertama kali jg saya lihat hewan seperti itu. Terimkasih jadi saya tau nama hewan trsebut. Apa mungkin termasuk hewan berharga?

    BalasHapus
  4. Duh baru tahu kalau binatang ini jinak. Saya sering membunuh nya. Saya pikir berbahaya karena sepintas punya capit. Hewan ini sering muncul dari got atau lubang buangan air dikamar mandi dsb

    BalasHapus
  5. saya baru menemukan ny di atas paha saya saat saya tidur... bikin saya merinding dan reflek lompat dri kasur:)

    BalasHapus