Minggu, 02 Juni 2013

Cara ngasih makan bayi corn snake

Ada beberapa cara untuk membuat bayi corn snake mau makan. Kebanyakan ular yang baru menetas, sekecil apapun biasanya mampu makan bayi tikus (pinkies) yang baru lahir. Tapi klo masih ragu & mikir ular kecil punya kamu ngga bisa makan pinkies, beberapa cara di bawah ini bisa dicoba.

Pertama, pastikan suhu dalam kandangnya memiliki suhu yang tepat yaitu 25-28 derajat celcius pada siang hari dan 19-23 derajat celcius pada malam hari.
Kelembabannya harus di antara 30 dan 70%. Ular harus memiliki tempat sembunyi, dan jangan sering sering memegangnya sampai ular mau makan.  Pastikan ada tempat minum yang dangkal supaya ular bisa minum dan berendam.
Kadang sulit untuk membuat bayi corn snake mau makan. Jika memang bayi ular benar benar ngga mau makan pinkies, cara ‘braining’ bisa dicoba. Walaupun sedikit menjijikkan, tapi cara ini seringkali berhasil: potong tengkorak pinky, lalu pencet sedikit sampai otak pinky keluar. Potong pinky jadi 2 hingga ular hanya bisa makan ½ ‘porsi’. Letakkan potongan pinky dalam kandang. Ular merasakan jaringan otak lewat lidahnya. Biasanya ular akan memakan potongan pinky tadi.
Cara lainnya: Perlahan dan berulang ulang, sentuhkan pinky di hidung ular sampai ular menyambar pinky.  Pinky bisa di ‘braining’ dulu sebelum diberikan pada ular.
Corn snake biasanya makan binatang pengerat, tapi ada beberapa yang lebih suka makan kadal. Tapi kadal kemungkinan membawa parasit bagi ular.
Cara terakhir, beri makan ular peliharaanmu secara paksa. Hal ini harus dilakukan oleh ahlinya. Cara ini adalah cara terakhir jika cara diatas tidak membawa hasil  karena cara ini bisa membahayakan dan seringkali terbukti fatal akibatnya bagi bayi ular. Sebenarnya, bagi bayi ular insting untuk makan adalah natural, sediakan saja kondisi kandang dan mangsa yang tepat. Yang terbaik adalah jika ular mau makan atas kemauannya sendiri. Pastikan kandang cukup hangat, tahan keinginan untuk memegang ular sampai ular bisa makan secara rutin dan coba cara cara diatas.. Good luck yah..  :)

1 komentar:

  1. Josss artikel dan webnya bagus gan ^_^

    Nih gan, "Kecoa Dubia" pakan alternatif (bisa bikin tambah gacor, pakan ikan dan bisa buat pakan reptile dirumah), mengandung protein lebih tinggi dari pada jangkrik, saatnya beralih dari jangkrik ke kecoa dubia, kecoanya ngga bau loh, kecoa import ^_^

    dan juga kecoa ini mudah di ternak tidak seperti jangkrik yang sangat sulit di ternak dan juga umur kecoa dubia bisa sampai 2 tahun, ngga kaya jangkrik yang 2 minggu sudah mokad ^_^

    Klik Linknya di bawah gan kalau pengen tau lebih tentang kecoa dubia ^_^

    -=Jual Kecoa Dubia, Pakan Alternatif Pengganti Jangkrik=-


    BalasHapus