Jumat, 31 Mei 2013

Populasi Penyu menurun gara gara jamur


Javier Diéguez-Uribeondo dan Adolfo Marco dari Consejo Superior de Investigaciones Cientificas-CSIC Spanyol  mengatakan bahwa dalam tiga puluh tahun terakhir, mereka menyaksikan penurunan jumlah pantai tempat bertelur penyu laut di seluruh dunia. Meskipun ada banyak alasan atas dampak penurunan populasi penyu yang berkaitan dengan aktivitas manusia terhadap lingkungan pantai, diduga mikroorganisme patogen juga turut mempengaruhi penurunan populasi ini. Salah satu mikroorganisme pathogen penyebab penurunan populasi penyu ini adalah Fusarium solani, yaitu strain jamur kompleks yang terdistribusi lewat tanah dan dapat menyebabkan penyakit serius pada tanaman. Parasit yang sering ditemukan pada tanaman kentang ini diketahui telah menginfeksi paling sedikit 111 spesies tumbuhan dari 87 genre dan selain merusak tanaman ternyata dapat juga menyebabkan penyakit pada binatang yang mengalami gangguan sistem kekebalan.
Selama fase perkembangan janin, telur penyu terkubur dalam pasir yang hangat dan memiliki kelembapan tinggi, kondisi ini sudah tentu amat sesuai dengan pertumbuhan semua jenis jamur, termasuk jamur Fusarium solani. Telur yang terserang jamur itu sudah dapat dipastikan akan gagal menetas sehingga otomatis menyebabkan populasi penyu menurun tajam.
Dalam riset di Pulau Boavista, Cape Verde, di perairan Afrika Barat, tim Diéguez-Uribeondo mengamati populasi penyu loggerhead (Caretta caretta). Pulau Boavista adalah salah satu wilayah bertelur yang amat penting bagi spesies penyu loggerhead. Tim ini meneliti cangkang telur yang terinfeksi jamur, juga meneliti janin penyu yang mati dari lokasi bertelur di Pantai Ervatao, Joao Barrosa dan Curral Velho. Mereka menemukan 25 isolat F. solani yang berhubungan dengan kematian penyu penyu yang masih dalam telur. Studi ini mengungkap kalau strain F. solani bertanggung jawab atas gejala yang diamati oleh tim ini di pantai tempat penyu bertelur. Dan ini berarti menunjukkan bahwa infeksi dari jamur tersebut adalah ancaman serius bagi kelangsungan hidup spesies penyu loggerhead yang sudah terancam punah itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar