Kamis, 30 Mei 2013

Kura Kura Eksotis dari Indonesia

Kura kura berleher ular yang berasal dari Indonesia bagian timur memang eksotis. Kura kura yang terdiri atas beberapa jenis dan dikelompokkan dalam famili Chelidae ini disebut sebagai kura kura berleher ular.  Beberapa jenis disebut juga dengan kura kura berleher panjang dan ada juga jenis lain yang dinamai kura kura berleher pendek. Sudah bisa ditebak, nama kura kura jenis ini diperoleh dari bentuk lehernya yang memiliki ciri khas khusus dan eksotis. Kura kura berleher ular mempunyai leher yang panjang hingga memang bentuknya mirip ular. Uniknya lagi kepala dan leher kura kura jenis ini tidak dapat ditarik masuk dan kemudian bersembunyi di dalam tempurung atau karapasnya seperti jenis kura kura lain.
Kura kura yang beberapa jenisnya ada di Indonesia bagian timur ini tidak dapat menarik dan menyembunyikan leher dan kepalanya ke dalam tempurung (karapas). Karena itu kura kura berleher ular hanya dapat melipat lehernya ke samping tempurung. Ada berbagai jenis kura kura leher panjang yang dapat dijumpai di Indonesia yang berada di Papua dan pulau pulau sekitarnya, Australia dan Amerika Latin. Semua Kura kura berleher ular adalah kura kura air tawar. Jenis kura kura dari famili Chelidae ini mempunyai kesukaan makanan yang berbeda beda mulai dari ikan, serangga dan bahkan pemakan tumbuhan atau herbivora. Kura kura anggota famili Chelidae ini terdiri dari sekitar 60 jenis atau spesies yang digolongkan dalam 20 genus. Beberapa spesies kura kura berleher ular yang bisa ditemukan di Indonesia antara lain adalah:
  • Kura kura Rote atau Rote Island Snake Necked Turtle yang bernama ilmiah Chelodina mccordi. Kura kura ini adalah hewan endemik pulau Rote. Kura kura ini sangat langka hingga oleh IUCN dikategorikan dalam Critically Endangered dan oleh CITES, kura kura ini dimasukkan dalam daftar Apendiks II. Sayangnya, jenis Kura kura Rote yang berukuran antara 18 hingga 24 cm ini justru luput dari daftar hewan yang dilindungi berdasarkan PP No. 7 Tahun 1999.
    Rote - Chelodina McCordi
  • Kura kura Papua Leher Panjang atau New Guinea snake necked turtle (Chelodina novaeguineae). Jenis kura kura Papua ini seperti namanya hidup dan tersebar di Papua dan Australia. Status konservasi IUCN Redlist kura kura ini adalah Least Concern atau Beresiko Rendah dan juga termasuk dalam salah satu reptil yang dilindungi di Indonesia.
Chelodina Novaeguineae
  • Reimann’s snake necked turtle atau Chelodina reimanni adalah jenis kura kura dengan panjang antara 14 hingga 21 cm yang juga terdapat di Papua, Indonesia. Status konservasi reptil ini adalah Near Threatened atau Hampir Terancam tapi bukan termasuk salah satu reptil yang dilindungi di Indonesia.
  • Chelodina rugosa adalah jenis kura kura yang memiliki panjang sekitar 20 hingga 30 dan kura kura cm ini ditemukan di Indonesia dan Australia. Status konservasi reptil ini adalah Near Threatened atau Hampir Terancam.
  • Northern Snake Necked Turtle atau Macrochelodina rugosa adalah jenis kura kura yang hidup di Papua dan Australia bagian utara.
  • Parker’s snake necked turtle atau Chelodina parkeri adalah jenis kura kura yang berukuran 20 hingga 27 cm ini terdapat di Indonesia dan Papua Nugini. Berstatus Vulnerable atau Rentan.
Chelodina Parkeri
  • Kura kura perut putih atau Elseya branderhosti adalah termasuk reptil endemik Indonesia yang dilindungi di Indonesia dan juga berstatus Vulnerable atau Rentan.
Elseya Branderhosti
  • Kura Irian leher pendek atau New Guinea Spotted Turtle atau disebut juga Elseya novaeguineae adalah jenis kura kura yang hidup di Indonesia dan Papua Nugini dan termasuk binatang yang dilindungi di Indonesia dan berstatus konservasi Least Concern atau Resiko Rendah.
  • New Guinea snapping turtle atau Myuchelys novaeguineae adalah jenis kura kura yang hidup di Indonesia dan Papua Nugini. Status konservasinya adalah Least Concern atau berada dalam Resiko Rendah.

1 komentar:

  1. Permisi !!!! Pusat Batu Energi alam positive +3 Di Indonesia, Batu Energi alam positive + 3 Adalah batu energi positive + 3 yang bermanfa'at untuk kesehatan, Dan Proses penyembuhanya sangat cepet Sekitar 30 Menit, Batu ini Murni Batu Alami bukan Qodam Atau Magic, Murni batu alam yg di ciptakan oleh ALLAH SWT, untuk menyembukan berbagai penyakit
    Antara lain untuk penyembuhan :
    Sakit Punggung-Otot-Encok-Sendi-Tulang (Atau Mudah Capek)
    Sakit Asma
    Sakit Insomnia
    Penyakit Kulit
    Kurang Tenaga
    Ketagihan Rokok
    Ketagihan Alkohol
    Sakit Sinusitis
    Sakit Impotensi
    Sakit Kanker
    Sakit Kelenjar Getah Bening
    Sakit jantung Atau Lemah Jantung
    Sakit Athritis
    Sakit Prostat
    Sakit Hipertensi
    Sakit Stroke
    Sakit Katarak
    Sakit Diabetes
    Gaguan Kecerdasan
    Masalah Kesuburan
    Masalah Kewanita'an
    Stroke,dll
    Untuk Sakit ringan kasiatnya bisa terasa dalam 5 menit Dasyat !!!!
    Antara lain sakit
    Sakit Kepala
    Sakit Migren
    Pusing,Mual,Kembung
    Nyeri haid
    Pegal,Linu,Capek,Lelah,Lesu
    Dll
    Dalam waktu 5 menit sudah bisa dirasakan khasiatnya, jauh lebih alami di bandingkan obat-obatan kimia, dan tidak ada efek sampingnya http://www.thakasimura.com/ 087-823-190-791 (Keng Ji) Only

    BalasHapus