Jumat, 31 Mei 2013

Gopher Tortoise




 

Tortoise bernama ilmiah Gopherus polyphemus bisa mancapai ukuran 10 hingg 12 inci saat dewasa. Yang terbesar yang pernah tercatat mencapai sepanjang 16 ¼ inci. Range tortoise ini meliputi southern S. Carolina, Georgia, Florida, southern Alabama, Mississippi dan southeastern Louisiana. Habitat tortoise ini adalah bukit berpasir, pulau pulau kecil & juga di jutan datar dimana tanahnya tidak terlalu kering & berpasir. Gopher Tortoise adalah satu dari tiga spesies tortoise lain yang merupakan penggali sejati. Dua diantaranya adalah Bolson’s tortoise & African spurred tortoise.
Liang kura-kura Gopher memiliki satu jalan masuk yang turun ke tanah yang berair, dimana tempat tinggal kura-kura ini memiliki kelembaban tinggi & dingin. Liang Gopher tortoise bisa memiliki panjang sekitar 50 kaki. Tapi kebanyakan dalamnya hanya 15 sampai 18 kaki. Lebarnya biasanya sedikit lebih lebar daripada panjang tortoise itu sendiri, sehingga mereka dapat berbalik badan dengan mudah. Untuk memelihara Gopher tortoise, di kandangnya harus disediakan liang buatan dimana Gopher tortoise dapat mempertahankan suhu kelemabban di 70 – 80 %. Liang kura-kura gopher hanya perlu memiliki panjang seukuran lengan orang dewasa. Tapi banyak juga orang yang memelihara Gopher tortoise  di rumah mereka tanpa menyediakan liang.
Biasanya Gopher tortoise bertelur hanya setahun sekali dan akan manghasilkan 5 hingga 8 butir telur di sarangnya. Telur telur Gopher tortoise akan menetas setelah 60 hingga 90 hari pada suhu 88 derajat Fahrenheit. Bayi gopher tortoise akan tumbuh dengan sangat cept jika diberikan diet yang tepat & bagus. Gopher tortoise akan tumbuh dewasa setelah 6 hingga 8 tahun untuk jantan & 17 hingga 20 tahun untuk Gopher tortoise betina.
Gopher tortoise dikenal sudah memakan lebih dari 1000 jenis tanaman yang ada di range mereka dan lebih dari 200 jenis di satu habitat saja. Sekitar 80 % dari diet Gopher tortoise  setelah tumbuh sedikit lebih besar dari saat menetas adalah rerumputan. Segala macam rumput sangat baik untuk diet Gopher tortoise. Tapi jangan hanya diberi makan rumput, berikan juga makanan tambahan sayuran hijau yang segar. Gopher tortoise juga menyukai kacang kacangan, jagung dan buah buahan. Gopher tortoise sangat suka bunga dandelion, tanaman daun yang kecil maupun lebar dan juga rerumputan jenis lain yang ada di pekarangan. Untuk buah, jangan terlalu sering diberikan.
Memberikan gopher tortoise berbagai macam makanan sehat adalah salah satu cara yang paling penting untuk mencegah penyakit, itu menjaga tingkat stress gopher tortoise hingga minimum. Seperti  kura-kura lainnya gopher tortoise harus dipelihara dalam kandang outdoor dengan rumput yang tumbuh baik untuk makanannya sehari hari. gopher tortoise suka berjemur hingga suhu tempurung mereka sampai lebih dari 90 derajat F. Lalu gopher tortoise akan mencari makan, bersosialisasi dan menggali lubang yang diperlukan. Gopher tortoise akan minum setiap 8 hari sekali jika mereka memiliki lubang dan akan lebih sering minum jika mereka tidak tinggal di liangnya. Di alam bebas, kura-kura gopher minum dari kolam hujan atau dengan menghisap tetesan air dari tepi liang mereka selama hujan deras turun.
Kura-kura gopher ini dilindungi oleh hukum Negara bagian atau federal Di Alabama, Mississippi dan Louisiana karena gopher tortoise merupakan spesies yang terancam punah. Untuk mendapatkan ijin memelihara gopher tortoise akan jadi hal yang sangat sulit.Tapi di negara bagian Florida, orang akan bisa mendapatkan izin untuk menjaga individu ini melalui KOmisi Florida Fish dan Wildlife Conservation.


 

.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar