Jumat, 31 Mei 2013

East Asian Giant Softshell Turtle

 

Setelah bertahan hidup selama ribuan tahun di danau danau AsiaTenggara, kura kura tempurung lunak raksasa Asia Timur kemungkinan akan menghadapi kepunahannya. Anggota terakhir dari spesies ini hidup di Danau Hoan Kiem. Spesialis reptil yang mengamati kura kura ini menyatakan bahwa tahun ini kura kura ini akan jadi kura kura terakhir dari jenisnya jika tidak dikawinkan. Kura kura jenis ini sangat jarang dan diperkirakan sudah berada di ambang kepunahan.
Penyu air tawar (bulus) & kura kura di Asia cenderung terancam punah oleh karena berbagai macam ancaman, seperti untuk dikonsumsi, dijadikan koleksi & diperdagangkan untuk hewan peliharaan.
Kira kira dari 90 spesies kura kura air tawar yang ada di Asia Selatan, Asia Timur, Asia Tenggara dan New Guinea, lebih dari sepertiganya terdaftar sebagai hewan yang rentan, dilindungi & terancam punah di World Conservation Union’s 1996 Red List of Threatened Species
Kura kura Asia seperti mendapat ‘kabar baik’ saat pemerintah Cina yang notabene negara dengan pasar terbesar untuk perdagangan kura kura (untuk obat & konsumsi), melarang import semua jenis kura kura dari Kamboja, Thailand & Indonesia pada tahun 2001.

 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar