Minggu, 19 Mei 2013

Apa itu Landak Mini/Hedgehog ?

Landak Mini/Hedgehog?

Landak mini merupakan binatang mamalia kecil dengan lapisan kaku, yaitu duri runcing menutupi punggung. Landak mini memiliki hidung runcing dan mata yang agak menonjol terletak di sisi wajah. Telinga biasanya berbentuk bulat, meskipun dalam beberapa spesies, bisa jadi memanjang, dan terletak tinggi di sisi kepala.   

Landak Mini memiliki ekor yang kecil dan pendek, dan secara fungsional sangat sedikit digunakan. Mereka dapat menggulung seperti bola duri ketika terancam.

Klasifikasi landak mini adalah Kingdom: Animalia | Phylum : Chordata | Class: Mammalia | Order: Erinaceomorpha | Family: Erinaceidae | Subfamily: Erinaceinae | Genera: Atelerix, Erinaceus, Hemiechinus, Mesechinus, Paraechinus | Landak mini yang sedang populer di Indonesia saat ini adalah jenis Atelerix albiventris.

Landak mini berasal dari Afrika, habitatnya adalah di gurun pasir dan daerah yang gersang. Di habitatnya, landak mini tinggal di goa / lubang yang sangat gelap dan terkadang landak mini hidup berdampingan dengan binatang lain di dalam gua tersebut. Makanan landak mini di alamnya umumnya adalah serangga seperti ulat, jangkrik dan serangga kecil lainnya, namun landak mini juga tidak jarang makan buah-buahan dan sayuran dikarenakan sulitnya mendapatkan serangga.

Landak mini di alamnya minum di sungai. Di sungai tersebutlah terkadang landak mini berenang. Landak mini di alamnya juga mempunyai musim kawin, maka para jantan akan mengeluarkan bunyi-bunyi seperti nyanyian untuk merayu sang betina.

Meskipun benar bahwa landak mini adalah spesies yang baru-baru ini dipelihara, tapi landak mini sebagai pet, yang kita miliki bukan binatang liar. Landak mini adalah campuran dari dua jenis landak, dan bukan merupakan varietas alami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar